Minggu, 16 November 2014

Sejarah SPSS



Aplikasi Komputer
           
  Oleh : Leyra Rahmadhani S
                                                 Pembimbing : R. Syahroni,ST

A. Sejarah Singkat SPSS
     Pada tahun 1968, Norman H. Nie C. Hadlai Hull dan Dale H. Bent, tiga orang pemuda dengan latar belakang profesional berbeda mengembangkan sebuah aplikasi statistik berdasarkan pada gagasan untuk mengubah data mentah (raw data) menjadi informasi esensial untuk membuat suatu keputusan. Software aplikasi statistik revolusioner ini kemudian disebut SPSS yang menjadi calon statistikal package untuk ilmu pengetahuan sosial.
     Pada awalnya sebelum diberi nama Statistikal Service Product Solutions, aplikasi ini bernama Statistikal Package for the Social Sciences.Aplikasi SPSS ini sangat berguna bagi ilmu sosial di era tersebut, dan digunakan untuk analisis pasar, penelitian kesehatan, survei perusahaan dan lain sebagainya. Pada tahun 2009 SPSS dibeli oleh perusahaan besar IBM, dan sempat berganti nama menjadi PASW (Predictive Analytics Software), dan pada Agustus 2010 resmi disertakannya nama IBM ke dalam software aplikasi SPSS sehingga namanya menjadi IBM SPSS Statistiks.[1]

B. Tujuan dan Manfaat SPSS

  •  Tujuan

     Untuk membantu dalam memproses data-data statistik secara tepat dan cepat, serta menghasilkan berbagai output.


  •  Manfaat

     SPSS sangat bermanfaat dalam mengolah data statistik dan menganalisisnya secara otomatis. Hingga saat sekarang produk SPSS telah dipakai dalam berbagai bidang seperti ilmu keuangan, retail, telekomunikasi, farmasi, broadcasting, militer, database marketing, riset pemasaran, peramalan bisnis, penilaian kredit, customer relationship, penilaian kepuasan konsumen (customer satisfaction) dan sebagainya.

C. Kelebihan dan Kelemahan SPSS
     Salah satu keuntungan SPSS sebagai salah satu software statistik adalah fasilitas transformasi variabelnya yang dapat dilakukan secara mudah seperti program-program spreadsheet lainnya (misalnya Excel).
SPSS dapat membaca dan menulis data dari file teks ASCII (termasuk file hierarkis), paket statistik lainnya, spreadsheets dan database. SPSS dapat membaca dan menulis ke dalam tabel database eksternal relasional melalui ODBC (Open Database Connectivity) dan SQL (Structured Query Language).
    Kelemahan dari software ini adalah penggunaannya yang terlalu rumit, sehingga dibutuhkan keahlian khusus. Kelemahan lainnya adalah banyaknya versi SPSS yang beredar, sehingga kita harus pintar-pintar memilih versi SPSS yang cocok untuk komputer yang kita gunakan.[2]

D.           Cara Menginstal SPSS di laptop/PC
1.    Klik start pada sebelah kiri dekstop laptop atau PC anda dan pilih menu program,seterusnya SPSS Inc,dan klik pada statistics 17.0 lalu pilih menu SPSS statistics 17.0.
2.    Maka terbukalah program SPSS statistics 17.0 seperti berikut,
buka Variabel view, dan isikan ruang yang disediakan seperti name,type,width,decimal,label,value dan seterusnya.
3. Kemudian beralih pula kepada data view,dan isikan di ruang tersebut maklumat/hasil dari soal selidik yang dijalankan melalui GOOGLE DOCS dan SURVEY MONKEY.
4.    Bila selesai mengisi maklumat diatas,anda perlu pula creat bar chart variable view dan data view dengan klik pada analyze dan pilih descritive statistic.
5.    Pindahkan semua maklumat ke kotak sebelah dan klik pada statistic
6.    Seterusnya klik pada minimum dan maksimum >klik continue
7.    Klik pada chart dan pilih pai chart >klik continue
8.    Seterusnya,klik pada format >klik OK
9. Akhir sekali ialah hasil output dari data view diatas akan dipaparkan.Data tersebut mengandungi FREQUENCY,PIE CHART,BAR CHART dan lain-lain.


Begitulah seterusnya sehingga selesai dengan merujuk pada soalan soal selidik yang dibuat.[3]





[1] http://statistikapendidikan.com/?page_id=58

[3] http://solehahrazak.blogspot.com/2012/11/refleksi-minggu-ke-9.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar